Tuesday 7 April 2020

Pelajaran 11 Kewajiban Anak Permintaan Ayah Sigala


Tugas Belajar di Rumah Kelas III SDN Sumogawe 03 



🔽 Mengamati
Sebelum meninggal dunia, Ayah Sigala meminta agar setiap pagi Sigala melakukan pemujaan. Setiap pagi hari sebelum matahari terbit Sigala memuja kepada enam arah. Sigala membasahi rambut dan pakaiannya merangkapkan kedua belah tangannya ke atas lalu menyembah ke berbagai arah bumi dan langit, yaitu arah Timur, Barat, Utara, Selatan, Bawah, dan Atas. Saat Buddha sedang berpindapata Beliau menemui pemuda Sigala. Buddha mengajarkan makna pemujaan enam arah yang sebenarnya, yaitu: Arah Timur berarti menghormat kepada ayah dan ibu. Selatan berarti menghormat kepada Guru. Barat berarti menghormat kepada istri dan anak. Utara berarti menghormat kepada sahabat atau teman. Atas berarti menghormat kepada pertapa atau Brahmana. Bawah berarti menghormat kepada pelayan atau buruh. Orang tua telah berkorban demi anak-anaknya. Setiap anak banyak berhutang budi kepada mereka. Kasih sayang orang tua sangat besar pada anak-anaknya. Karena itu setiap anak harus dapat membalas jasa kebajikan orang tua.
Setiap anak wajib menjadi anak yang baik. Patuh kepada orang tua, mendengarkan nasihat orang tua. Tidak membenci kala orang tua bersalah. Berbicara sopan, dan mudah melayani. Hal demikian adalah cara-cara membalas budi orang tua. Sebagai balas budi, Setiap anak hendaknya bertekaduntuk melakukan kewajiban kepada orang tua. Kewajiban tersebut adalah:
  1. merawat kedua orang tuanya;
  2. menghormati orang yang lebih tua;
  3. berkata sopan;
  4. menghindari membicarakan orang lain;
  5. tidak akan menjadi orang kikir, dia akan menjadi orang yang murah hati;
  6. berkata jujur; dan7. menjaga dirinya untuk tidak mudah marah.
Melaksanakan pekerjaan dan perbuatan yang baik dan bermafaat akan membuahkan pahala yang berlimpah. Merawat orang tua, keluarga, dan lingkungan adalah perbuatan yang sangat mulia. Melakukan perbuatan dengan tulus akan mendapat berkah. Dapat terlahir di alam yang bahagia. Alam surga adalah alam yang bahagia. 



🔽 Menanya
Amati dan baca cerita tentang kisah permintaan Ayah Sigala dengan cermat kemudian ungkapkan pendapat serta pertanyaanmu!
 
Pendapatku:    
1. ...................................................................................... 
2. ......................................................................................  
3. ......................................................................................
(silahkan tambah pendapatmu)
 

Pertanyaanku:  
1. ......................................................................................? 
2. ......................................................................................?  
3. ......................................................................................?
(silahkan tambah pertanyaanmu) 
 
🔽 Ayo Diskusikan
  

Berdasarkan hasil bacaan dan pengamatanmu terhadap gambar dan teks bacaan diatas, diskusikan bersama orang tuamu:
  1. Mencatat informasi penting apa saja yang kamu dapatkan dalam gambar dan bacaan di atas.
  2. Buatlah pertanyaan mencari tahu hal-hal yang masih belum jelas, atau hal-hal yang belum kamu pahami atas gambar dan teks bacaan di atas.
  3. Carilah informasi dari buku dan sumber lainnya untuk menjawab pertanyaan yang sudah kamu buat.
  4. Satukan pendapat dan jawaban kamu menjadi sebuah kesimpulan.
  5. Sampaikan hasil diskusi di depan kelas pada pelajaran saat masuk kelak.



🔽 Menalar 
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas. 

🔽 Mengkomunikasikan 

Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Sabtu pada pertemuan berikutnya serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas. 
Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.




Selamat beristirahat, jangan lupa belajar




⏩⏩⏩⏩  TUGAS  ⏪⏪⏪⏪


 Tugas silahkan

 

No comments: