Tuesday 7 April 2020

Pelajaran 11 Kewajiban Anak Mencicipi Obat Demi Ibu

Tugas Belajar di Rumah Kelas III SDN Sumogawe 03


 




Kisah Anak yang Berbakti Sebagai anak wajib berbakti kepada kedua orang tua. Anak yang berbakti hidupnya akan bahagia. Bila orang tua sakit, diberi obat oleh anaknya dengan memasak ramuan obat sendiri, lalu dicicipi dahulu sebelum diberikan untuk diminum. Sang anak harus menjaga makan dan kondisi dirinya agar tetap kuat. Wujud bakti ini dilakukan secara turun-temurun. 

Simaklah Kisah Berikut:

Pada zaman Dinasti Wen di Tiongkok, ada seorang kaisar bernama Kaisar Wen yang sangat berbakti. Dia adalah putra dari Liu Bang. Dia sangat menjunjung tinggi ajaran Maha Dewi Ratu Nawasura Sakti Kiu Thian Hian De (Hian De Ma). Dia juga sangat sayang dan patuh kepada ibunya. Walaupun sangat sibuk dengan urusan kenegaraan, namun Dia tidak mengabaikan kewajibannya sebagai seorang anak. Dia memberikan perhatian secara pribadi kepada ibunya.

Suatu hari, ibunya menderita sakit parah. Sakitnya tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Kaisar sangat mencemaskan keadaan ibunya. Dia selalu berdoa agar ibunya segera sembuh. Kaisar Wen menjaga kondisi dirinya agar tetap kuat untuk merawat ibunya yang sedang menderita sakit. Pada suatu malam, kaisar selalu duduk di samping tempat tidur ibunya. Kaisar selalu menjaga dan memperhatikan kondisi sang ibu. Disaat ibunya batuk, dia memberinya teh hangat. Disaat ibunya kedinginan, dia memberikan selimut yang tebal. Begitu sangat sayangnya kaisar kepada ibunya.

Dalam memimpin kerajaan, kaisar sangat memperhatikan rakyatnya, dan juga sangat peduli kepada pelayannya. Karena kebijaksanaannya itu sehingga masalah-masalah kenegaraan dapat ditangani secara efektif oleh para pejabat pengadilan yang setia kepadanya. Kaisar sangat pintar membagi waktu sehingga dapat memenuhi kewajibannya sebagai anak yang berbakti. Kaisar mengundang banyak dokter terkenal untuk mengobati ibunya. Walaupun mengalami kegagalan, kaisar tetap berusaha mencari dokter yang cocok. Salah satu dokter berkata. “Yang Mulia, saya telah menulis resep untuk Yang Mulia Ibu Kaisar. Saya akan memeriksanya kembali untuk mengetahui apakah obat itu berpengaruh”. Kaisar Wen memerintahkan pelayan untuk meraciknya. “Pelayan, raciklah obat ini dan kemudian rebuslah menjadi ramuan obat yang mujarab”. “Baiklah Tuanku”, kata pelayan.
Seketika selesai meracik obat kemudian pelayan memberikan kepada Kaisar Wen. Kaisar Wen mencicipi obat tersebut sebelum memberikan kepada ibunya. Setiap ramuan obat yang sudah disiapkan, sang Kaisar selalu mencicipinya terlebih dahulu, baru meminta ibu meminumnya. Di bawah perawatan Kaisar yang cermat, kesehatan Ibu Kaisar lambat laun kembali pulih. Akhirnya Ibu Kaisar sembuh total. Berkat kasih sayang yang tulus serta berkat meneladani ajaran Hian de Ma. Kaisar Wen sebagai anak yang patuh sangat terkenal diseluruh negeri. Di bawah kepemimpinannya negara menjadi makmur dan semua rakyat hidup penuh kedamaian dan berkecukupan.
 
(disadur dari Kitab Suci Kiu Thian Hian De Kiu Se Cin King Menjadi anak harus berbhakti kepada kedua orang tua, halaman 67-69)

 Mengamati
 Amatilah gambar berikut;




Menanya
Ayo ajukan pertanyaan kepada temanmu atau orangtuamu hal-hal yang tidak kamu pahami dalam bacaan cerita di atas. Coba buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata mengapa atau bagaimana, kemudian sampaikan pertanyaannya.

Mengumpulkan Informasi
Berdasarkan pertanyaan yang sudah kamu buat, ayo cari informasi jawabannya kepada temanatau orangtuamu, buku, dan sumber lainnya. Catat jawabannya.

Menalar
Ayo kelompokkan semua jawaban dan informasi yang kamu dapat. Hati-hati apakah jawaban yang kamu peroleh sudah sesuai dengan tujuan pertanyaanmu atau belum. Terakhir buatlah kesimpulannya dengan kalimat yang jelas.

Mengkomunikasikan
Pada pertemuan pelajaran agama Buddha besok hari Senin, 5 April 2020 serahkan tugas ini kemudian majulah ke depan kelas, sampaikan hasil kerjamu kepada guru dan teman-teman. Tempelkan hasil kerja kamu di papan kreativitas.



Demikian materi pembelajaran hari ini ingat belajarlah di rumah dengan tekun, jangan keluar rumah jika tidak mendesak dan sangat penting, hindari kontak dengan orang asing, jaga kebersihan, dan jangan lupa cuci tangan dengan bersih sebelum makan, jaga kebersihan, sehingga selamat dari virus corona atau covid19.

Selamat beristirahat, jangan lupa belajar

Tugas 
PETUNJUK PENGERJAAN SOAL LATIHAN ONLINE
Klik kirim di bawah ini yang berwarna biru.
Kerjakan Tugas Klik disini



No comments: