Perkembangan teknologi komunikasi (TI) yang semakin pesat
membawa perubahan paradigma dalam dunia pendidikan. Perubahan paradigma
tersebut terlihat secara nyata salah satunya dalah hal media pembelajaran.
Salah satu contoh sederhana yang dapat kita amati adalah bergesernya media
untuk presentasi pembelajaran, dari papan tulis menjadi OHP (Over Head
Projector) dan saat ini menggunakan LCD Projector.
Perkembangan gadget yang semakin pesat juga membawa perubahan
pada media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis komputer yang sebelumnya
marak digunakan kini beralih ke media pembelajaran berbasis mobile dalam
berbagai platform, mulai dari android, windows phone, iPhone, flash lite, java,
dan sebagainya. Berbagai software untuk mengembangkan media atau aplikasi
berbasis mobile antara laib Eclipse, Android Studio, Adobe Flash CS6, Construct
2 dan sebagainya. Media yang dikembangkan dapat diakses oleh siswa melalui handphone yang dimiliki.
Cara Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Construct
2
Construct 2 merupakan software pembuat game atau aplikasi
berbasis HTML5 yang dikhususkan untuk platform 2D. Software ini dikembangkan
oleh Scirra. Berbeda dengan Adobe Flash CS 6, Construct 2 tidak menggunakan bahasa
pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam
EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan
game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa
pemrograman yang sulit.
Langkah untuk membuat media
pembelajaran android dengan menggunakan Construct 2 adalah sebagai berikut:
Gambar 01. Beranda Construct 2
Silahkan Unduh di sini
Kedua, klik pada layout yang ditampilkan kemudian atur properties
yang tersedia di sebelah kiri layout. Beberapa hal yang perlu diatur dalam
properties ini adalah Layout Size, Margins, Window Size, dan Preview browser.
Atur Layout Size, Margins, dan Window Size masing-masing dengan
memasukkan angka 480, 800. Kemudian tentukan Preview Borwser yang di
kehendaki, misal Chrome, Firefox, Opera, atau yang lainnya. Preview browser
digunakan untuk menampilkan aplikasi atau media yang kita buat di browser.
Gambar 02. Pengaturan
layout dan Margin
Gambar 03. Pengaturan
Windows Size dan Browser
Ketiga, masukkan cover media pembelajaran yang kita
kehendaki. Cover yang dimasukkan berupa gambar dengan format PNG dalam ukuran
480x800 pixel yang dapat kita download atau kita siapkan dan kita desain
di sofware grafis, seperti Corel Draw atau Photoshop. Cara memasukkan cover
atau background media pembelajaran yang kita inginkan adalah dengan klik kanan
pada layout kemudian pilih Insert new object maka akan tampil pilihan sebagai
berikut:
Gambar 04. sprite
Pilih sprite
kemudian klik pada layout sehingga muncul jendela Edit image:Sprite sebagai
berikut:
Gambar 05. folder untuk memasukkan gambar cover
atau backgruond
media
Klik
icon folder untuk memasukkan gambar cover atau backgruond media
setelah itu klik icon Close. Fitur ini nantinya juga kita gunakan untuk
memasukkan gambar maupun tombol yang kita butuhkan.
Gambar 06. Properties Bar
Setelah itu atur posisi gambar dengan memberikan angka pada
Properties bar > Position , isi dengan angka 240, 400.
Keempat, ubah nama Layout dan
Eventsheetnya dengan nama sama dan sesuai. Cara mengubah namanya adalah dengan
klik kanan pada nama layout kemudian pilih Rename. Lalu ketikkan
nama layout yang sesuai, misalnya Cover.
Gambar 07.Layout
Mengubah Leyout dengan cara yang sama ubah nama eventsheetnya. Setiap layout selalu
berpasangan dengan eventsheet yang kita buat sama namanya.
Gambar 08. Projects
Kelima, Tambahkan layout dan eventsheet setelah Cover. Cara menambah
layout dan eventsheet sekaligus yaitu dengan klik kanan pada Layouts,
lalu pilih Add layout.
Gambar 09. add layout
Maka akan muncul jendela add layout sebagai berikut:
Gambar 10. Add event sheet
Pilih Add event sheet. Dengan cara yang sama ubah nama layout dan
eventsheet yang muncul. Misalnya kita beri nama Menu, karena di layout
ini akan kita pasang beberapa tombol untuk navigasi ke layout lainnya. Jika
langkah anda benar maka akan tampil sebagai berikut pada project bar:
Gambar 11. Menu Projects
Keenam,
ubah ukuran layout dan margin menjadi 480, 800. Cara untuk mengubah ukuran ini
telah disampaikan pada tutorial sebelumnya.
Ketujuh, tambahkan
background untuk layout Menu ini. Cara menambahkan background melalui Insert
Sprite seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya. Background
dapat kita buat di software grafis seperti Adobe Photoshop atau Corel Draw
dalam format PNG ukuran 480x800 pixel.
Gambar 12. Layout Menu
Siapkan juga tombol-tombol
yang diinginkan. Tombol dapat kita buat di Microsoft Office Powerpoint atau
download di internet.
Pada tutorial sebelumnya
telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan menambah layout dan
eventsheet untuk menempatkan tombol-tombol navigasi. Layout dan evensheet ini
pada tutorial bagian 2 kita beri nama yang sama, yaitu “Menu”. Tombol-tombol
perlu disiapkan terlebih dahulu, baik dengan download di internet maupun kita
buat di software grafis ataupun kita buat di Powepoint. Setiap tombol berupa
shape atau pun gabungan gambar dan shape yang kita simpan dalam bentuk gambar (save
as picture) dengan format PNG. Berikut ini contoh tombol yang dibuat di
Powerpoint:
Gambar 13. Create Power Point
Setelah semua tombol telah
siap, sisipkan tombol satu per satu ke dalam layout Menu dengan cara
seperti menyisipkan background, yaitu dengan klik kanan pada layout kemudian
pilih Insert new object kemudian pilih Sprite. Jika anda merasa
kesulitan maka silahkan baca kembali tutorial bagian 1. Aturlah besar kecilnya
tombol. Jika langkah anda benar maka tampilan pada layout Menu adalah sebagai
berikut.
Gambar 14. Metoda Create Power Point
Untuk memudahkan kerja kita
maka setiap gambar atau object yang kita sisipkan ke dalam layout sebaiknya kita
beri nama yang berbeda. Lihat pada Project Bar di sebelah kanan layout,
semua object yang telah kita sisipkan ada di folder Object types,
ubah nama masing-masing object (sprite) dengan klik kanan kemudian pilih
Rename. Lalu ketikkan nama object yang sesuai.
Gambar 15. Object Types
Setelah selesai tambahkan layout dan evensheet untuk materi, latihan
soal dan evaluasi masing-masing 1 layout dan 1 eventsheet. Cara menambah layout
dan eventsheet dapat dilihat di tutorial bagian 2. Ubah nama layout dan
eventsheet menjadi materi, latihan soal dan evaluasi.
Gambar 16. Properties Projects
Tambahkan background untuk masing-masing layout tersebut seperti pada
saat memberi background pada layout Menu. Jika langkah anda benar maka akan muncul jendela Add Event, silahkan
pilih “Touch” kemudian pilih “on touched object”.
BERSAMBUNG
No comments:
Post a Comment